5 Kapal Terbesar Di Dunia

5 Kapal Terbesar Di Dunia

Lautan menjadi saksi beberapa dari yang terbesar, terkuat, dan paling mengesankan di dunia. Kapal-kapal raksasa ini membuktikan kemampuan manusia untuk mengatasi tantangan dan memenuhi kebutuhan transportasi global. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lima kapal terbesar di dunia yang menandai peran penting mereka dalam perdagangan global.

1. Prelude FLNG:

Prelude FLNG (Floating Liquefied Natural Gas) adalah kapal pertama di dunia yang digunakan untuk produksi dan penyimpanan LNG terapung. Kapal ini memiliki panjang sekitar 488 meter, setara dengan hampir enam lapangan sepak bola. Ini digunakan untuk mengekstrak, menyimpan, dan mengekspor gas alam cair dari lepas pantai Australia Barat. Prelude adalah contoh nyata teknologi mutakhir dalam industri minyak dan gas.

2. Pioneering Spirit:

Pioneering Spirit adalah kapal khusus yang dirancang untuk melakukan pekerjaan offshore terutama dalam mengangkat dan membongkar fasilitas pengeboran dan produksi lepas pantai. Dengan panjang mencapai 477 meter, kapal ini memiliki kekuatan angkat yang luar biasa dan peralatan khusus untuk tugas-tugas berat di lepas pantai. Ini adalah salah satu kapal pengangkat terbesar di dunia.

3. CSCL Globe:

CSCL Globe adalah salah satu kapal kontainer terbesar di dunia dengan panjang 400 meter dan kapasitas 19.000 TEU (Twenty-Foot Equivalent Unit). Dibangun oleh China Shipping Container Lines, kapal ini merupakan bagian dari armada yang menghubungkan China dengan pelabuhan-pelabuhan utama di seluruh dunia, memfasilitasi perdagangan global yang tumbuh pesat.

4. MSC Gülsün:

MSC Gülsün adalah kapal kontainer dengan kapasitas besar, mampu mengangkut hingga 23.756 TEU. Kapal ini dilengkapi dengan teknologi hemat energi dan emisi rendah, menjadikannya salah satu kapal paling ramah lingkungan di dunia. MSC Gülsün adalah bagian dari armada MSC, salah satu perusahaan pelayaran terbesar di dunia.

5. TI Class Supertankers:

Kelas TI Supertankers termasuk beberapa kapal tanker minyak terbesar di dunia, seperti TI Europe, TI Oceania, dan lainnya. Kapal-kapal ini memiliki kapasitas penyimpanan minyak yang sangat besar dan sering digunakan untuk mengangkut minyak mentah dari berbagai sumber di seluruh dunia. TI Europe, sebagai salah satu yang terbesar dalam kelasnya, memiliki panjang sekitar 380 meter dan kapasitas hingga 3 juta barel minyak mentah.

Kapal-kapal raksasa ini mewakili teknologi, inovasi, dan skala operasional yang luar biasa dalam dunia maritim. Dengan peran penting dalam perdagangan global dan transportasi, mereka membantu menjaga aliran barang yang stabil di seluruh dunia dan menjadi salah satu pilar terbesar dalam ekonomi global.

04 November 2023 | Informasi

Related Post

Copyright 2023 - Gugah ID