5 Saus Khas Palembang yang Menggoyang Lidah

5 Saus Khas Palembang yang Menggoyang Lidah

Palembang, kota di Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia, tidak hanya terkenal dengan keindahan sungainya tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya. Salah satu elemen yang membuat masakan Palembang begitu istimewa adalah saus-sausnya. Berikut adalah lima saus Palembang yang patut dicoba dan akan membawa Anda dalam pengalaman rasa yang memikat:

  1. Pindang Sambal: Pindang Sambal adalah saus khas Palembang yang terbuat dari pindang (ikan yang direbus) dan cabai. Rasa asam dari pindang dan pedas dari cabai menciptakan kombinasi yang lezat. Saus ini sering disajikan dengan pempek, hidangan khas Palembang yang terkenal.

  2. Sambal Tanggo: Sambal Tanggo adalah saus pedas yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Rasa pedas yang menyengat dan bumbu rempah yang khas membuatnya menjadi teman yang sempurna untuk hidangan nasi padang atau pempek.

  3. Kapurung: Kapurung adalah saus khas Palembang yang terbuat dari kelapa parut, cabai, ikan teri, dan bumbu-bumbu lainnya. Rasa gurih dari kelapa dan asin dari ikan teri memberikan dimensi yang unik pada saus ini. Kapurung sering dihidangkan dengan nasi ketan atau lontong.

  4. Sambal Ijo Palembang: Sambal Ijo Palembang adalah saus hijau yang terbuat dari cabai hijau, tomat hijau, dan bawang merah. Rasa segar dan pedasnya cocok untuk dihidangkan dengan mpek-mpek, makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan.

  5. Kapur Sirih: Kapur Sirih bukan saus pedas, melainkan campuran sirih, gambir, dan kapur. Sering digunakan sebagai saus pelengkap untuk menyantap pempek, kapur sirih memberikan sensasi segar dan membantu pencernaan.

Keberagaman saus Palembang mencerminkan kekayaan bahan lokal dan tradisi kuliner yang diwariskan secara turun temurun. Menjelajahi berbagai saus ini akan membawa Anda pada perjalanan kuliner yang memuaskan dan memikat selera. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menemukan saus Palembang favorit Anda yang akan memperkaya pengalaman kuliner Anda.

13 November 2023 | Informasi

Related Post

Copyright 2023 - Gugah ID