Taman Boulevard Pancasila Kota Tegal Resmi Dibuka

Pariwisata Sejarah
Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono bersama anggota Forkopimda Kota Tegal foto bersama usai peresmian Taman Boulevard Pancasila Kota Tegal. (foto: Istimewa)

KOTA TEGAL, gugah.id – Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono meresmikan Taman Boulevard Pancasila, Kamis (28/10/2021). Dalam peresmian itu, Dedy Yon didampingi Deputy Eksekutif Fast Presiden KAI Daop IV Semarang, Setio Rini beserta anggota Forkopimda Kota Tegal.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati di pintu masuk sebelah selatan Taman Pancasila, sebagai tanda dibukanya Taman Boulevard Pancasila Kota Tegal. Peresmian dilakukan usai upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 di Pantai Alam Indah Kota Tegal.

Sebelumnya Walikota Tegal bersama Forkopimda menggelar tasyakuran pada Senin (18/10/2021) malam di tempat tersebut. Kemudian seng penutup Taman Boulevard Pancasila dilepas secara bertahap, setelah sekian lama Taman Boulevard Pancasila Kota Tegal tertutup untuk umum.

:Bersama Wakil Kepala DAOP IV Ibu Rini dan Forkopimda hari ini alhamdulillah kita sudah meresmikan Taman Pancasila yang selama ini masih ditutup dan kini sudah di buka,” kata Walikota.

Walikota menyampaikan, Taman Pancasila ini merupakan salah satu wajah kota yang lokasinya berhadapan langsung dengan Stasiun Kota Tegal. Wali Kota berharap agar taman yang sudah dibangun ini bisa dipelihara dengan baik, menjadi ruang publik bagi masyarakat.

“Semoga masyarakat bisa saling menjaga dan mencintai taman-taman yang ada di Kota Tegal dan turut merawat dan tidak merusak atau mencorat-coret,” tuturnya.

Dedy Yon menekankan, meskipun Taman Pancasila sudah dibuka, namun di situasi pandemi ini masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan. Sehingga tidak sampai terjadi cluster-cluster baru.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Eko Setyawan menyampaikan, walaupun Kota Tegal sudah berada dalam level 1 pandemi Covid-19, pengunjung Taman Pancasila harus mematuhi tata tertib yang telah ditentukan. Disperkim akan menyiapkan penjaga untuk pelaksanaan tata tertib di Taman Pancasila.

Eko menyampaikan tata tertib pengunjung Taman pancasila ini bersifat sementara, menyesuaikan dengan kondisi dan situasi Covid-19. Menurutnya tatib tersebut sifatnya test case terkait dengan kesiapan masyarakat dan kondisi Covid-19 yang ada.

“Jika nantinya masyarakat pengunjung sulit untuk dikendalikan, Pak Wali belum membolehkan untuk membuka alun-alun,” papar Kepala Disperkim.

Waktu Berkunjung

Untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan, pihaknya juga mengatur tata tertib pengunjung. Dalam tata tertib tersebut diatur waktu kunjungan dan pembatasan jumlah pengunjung. Tatib yang perlu diperhatikan pengunjung antara lain.

Waktu berkunjung bisa masuk ke dalam Taman Pancasila pada hari Senin-Jumat mulai pukul 16.00 – 21.00 WIB. Sedangkan pada Sabtu dan Minggu pagi dibuka mulai pukul 06.00 -10.00 WIB dan sore hari mulai pukul 16.00-22.00 WIB. Sementara saat Sholat Maghrib tutup pukul 17.30 -18.30 WIB.

Masing-masing pengunjung nantinya akan mendapat kartu antrean. Sebab waktu berkunjung dibatasi dengan setiap shift dibatasi maksimal 20 menit dan jumlah pengunjung di dalam Taman maksimal berjumlah 50 orang pengunjung.

“Pengunjung diwajibkan melaksanakan prokes 5M dan menunjukan bukti telah melakukan vaksinasi Covid-19,” tandasnya (ardi)

Leave a Reply