Tingkah Lucu Siswa SMP saat Diswab, Sempat Meronta

Kesehatan
Seorang siswa SMP di Kota Tegal menolak diambil sampel swabnya. (foto: Hardiyanto)

KOTA TEGAL, gugah.id – Seorang siswa SMP di Kota Tegal mendadak panik saat akan dites swab Covid-19 oleh petugas medis. Sontak, kepanikan tersebut mengundang gelak tawa teman temannya. Petugas pun sempat kewalahan, karena siswa ini sempat meronta saat akan diambil sampel swabnya.

Tingkah Akbar, siswa kelas VII di SMP Bhakti Praja Sumurpanggang Kota Tegal saat hendak dites swab antigen Covid-19 oleh petugas medis. Karena ketakutan, Akbar meronta saat petugas akan memasukan alat usap swab ke hidungnya.

Sempat terjadi drama. Berbagai alasan disampaikan Akbar, agar dirinya lolos dari tes uswab. Pengambialan sampel uswab Akbar pun sempat tertunda berkali kali. Petugas terpaksa mendahulukan antrean berikutnya untuk menunggu kesediaan Akbar siap diambil uswabnya.

Salah seorang petugas medis, Fajar Amiruddin Fuadi (29) mengatakan, tingkah seperti Akbar bukanlah yang pertama kali ditemuinya saat bertugas. Berbagai karakter peserta tes swab yang pernah ditemui berbeda beda. Peserta yang ketakutan umumnya adalah anak anak. Bahkan, kadang kadang peserta melakukan perlawanan.

“Sudah banyak anak-anak yang mau diswab tapi menumjukkan tingkah lucu. Ini wajar juga karena mereka kadang takut kalau diswab itu rasanya sakit. Padahal kan biasa saja. Malah ada juga yang sempat melawan petugas,” kata Fajar Amiruddin Fuadi, Rabu (12/1/2022).

Kesabaran petugas akhirnya membuahkan hasil. Setelah berusaha membujuk dan memberikan pemahaman edukasi, Akbar akhirnta bersedia. Supaya lebih memudahkan pengambilan sampel uswab, petugas terpaksa melibatkan guru dan polisi untuk membantu memegangi anak itu, agar tidak meronta saat alat uswab dimasukan ke hidung.

“Setelah berhasil diambil sampel swabnya, Akbar malah kaget karena tidak merasakan sakit apapun, seperti yang dibayangkan,” tandasnya. (ardi)

Leave a Reply