Tolak Proyek ala Malioboro, PKL di Kota Tegal Minta Dilakukan Studi Kelayakan

Ekonomi Peristiwa
Anggota DPRD Kota Tegal, Habib Ali Zaenal Abidin menemui massa demonstran.

KOTA TEGAL, gugah.id – Puluhan mahasiswa, LSM, dan pedagang kaki lima (PKL) melakukan demontrasi di gedung DPRD Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021). Massa menuntut proyek revitalisasi jalan Ahmad Yani menjadi kawasan seperti Malioboro segera dihentikan karena belum ada studi kelayakan.

Massa dari elemen mahasiswa, dan para PKL di jalan Ahmad Yani Kota Tegal menuntut anggota DPRD Kota Tegal untuk segera menghentikan proyek revitalisasi ruas jalan Ahmad Yani menjadi kawasan mirip Malioboro oleh Pemkot Tegal. Pasalnya,  proyek tersebut belum mengantongi studi kelayakan.

Sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada pelaku usaha, PKL, tukang parkir hingga sopir angkot yang sebelumnya menempati kawasan tersebut. Sebab berdasarkan desain proyek, nantinya lebar jalan akan dipersempit dari 16 meter menjadi jalan satu arah dengan lebar hanya 5 meter dan memperlebar trotoar.

Aksi massa sempat ditemui oleh perwakilan anggota dewan, yakni Habib Ali Zaenal Abidin dari Fraksi PKB. Dihadapan massa dirinya menyampaikan tidak bisa memutuskan kebijakan yang menjadi aspirasi massa, namun demikian dirinya akan kordinasi dengan anggota lainnya dan menghadirkan dinas terkait untuk mencari solusi.

“Kami tidak menginginkan kalau proyek ini nantinya akan menurunkan penghasilan kami. Jadi kami minta dilakukan studi kelayakan terlebih dahulu, apakah membawa manfaat atau justru banyak mudharatnya,” kata Fauzan Jamal selaku koordinator aksi, Kamis (23/9/2021).

Massa yang tak puas dengan penjelasan perwakilan anggota DPRD lalu mendatangi lokasi proyek di jalan Ahmad Yani. Massa meminta para pekerja untuk menghentikan proyek dan membubarkan diri karena belum ada studi kelayakan dari proyek tersebut.  Sempat terjadi adu mulut antara perwakilan massa dengan pekerja.

Polisi yang mendatangi lokasi akhirnya membubarkan massa karena menimbulkan kerumunan. Massa mengancam akan melakukan aksi lanjutan jika proyek tersebut tetap berlangsung. (ardi)

Leave a Reply