Video Detik-detik Kades Pakujati Brebes Ditahan, Rugikan Negara Rp 810 Juta

Video

Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Brebes, menetapkan tersangka dan melakukan penahanan terhadap Kepala Desa Pakujati, Kecamatan Paguyangan.

Tersangka bernama Ari Hendri Kusumo (41) ditahan atas kasus dugaan korupsi penyimpangan keuangan desa di tahun 2020.

Penahanan tersangka dilakukan setelah berkas perkara dinyatakan lengkap atau P21 oleh polisi yang kemudian dilimpahkan kepada Kejaksaan Negeri Brebes.

Saat ini tersangka ditahan di Lapas Kelas IIB Brebes sebagai tahanan titipan Kejaksaan. Dari ulah tersangka, mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 810.671.670.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Brebes, Naseh menjelaskan, pihaknya menangani kasus dugaan tindak pidana korupsi Kepala Desa Pakujati setelah adanya pelimpahan tahap 2 dari Unit Tipikor Satreskrim Polres Brebes. Sehingga, pihaknya langsung melakukan penahanan terhadap tersangka.

“Tersangka diduga telah menyalahi wewenangnya soal pengelolaan keuangan desa yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Selanjutnya kami akan mempersiapkan untuk proses sidang di Pengadilan Tipikor Semarang,” ungkap Naseh.

Selanjutnya pihak Kejaksaan membawa tersangka Ari Hendri Kusumo, dari sel tahanan Mapolres Brebes untuk ditahan dan dititipkan di Lapas Kelas II B Brebes.

Atas perbuatannya, tersangka disangkakan Pasal 2 dan Pasal 3 UU RI No. 31 Tahun 1999 yang telah diubah dan ditambah dengan UU RI No. 20 Tahun 2001, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP dan Pasal 2 ayat (1).

“Ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara dan denda hingga Rp1 miliar rupiah,” tutupnya.

Mahesa Bagaskara

Leave a Reply