Video: Masih Ujicoba, Kendaraan Besar Padati Jalingkut Brebes – Tegal

Video

BREBES, gugah.id – Sejak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, jalan lingkar utara (Jalingkut) yang menghubungkan Kabupaten Brebes dan Kota Tegal sepanjang 17.4 kilometer dilakukan ujicoba.

Nampak, kendaraan berat sejenis truk memadati jalan lingkar utara dari arah Bangsri Kecamatan Bulakamba menuju Tegal Sari, Kecamatan Tegal Barat, atau sebaliknya. Apalagi, saat ini kendaraan berat dilarang memasuki jalur pantura Kota Brebes, untuk mengurai kemacetan di perkotaan.

Meski demikian, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR belum resmi membuka Jalingkut.

“Sampai hari ini status pembukaan Jalingkut Brebes-Tegal masih tahap uji coba operasional yang diberlakukan sejak libur Nataru tahun 2021 kemarin, sambil menunggu instruksi dari pusat dan hasil evaluasi forum lalulintas,” kata petugas PPK I Bina Marga Jawa Tengah, Denny.

Untuk diketahui, proyek pembangunan jalingkut telah selesai sejak Mei 2021 lalu. Ia menyatakan, sejumlah sarana dan prasarana pendukung termasuk infrastruktur jalan sudah siap dan mantap.

“Untuk konstruksi jalan sudah selesai 100 persen. Termasuk rambu-rambu semuanya sudah terpasang. Uji kelayakan jalan dan rambu-rambu pun juga sudah kita lakukan,” ungkapnya.

Leave a Reply