Viral! Tembus Hutan Jati, Vaksinasi di Tegal Gandeng Offroader

Kesehatan
Tim vaksinator dari Puskesmas Jatinegara Kabupaten Tegal menggandeng komunitas offroad untuk menembus hutan jati. (foto: Hardiyanto)

TEGAL, gugah.id – Demi menyukseskan capaian vaksinasi, tenaga kesehatan di Kabupaten Tegal Jawa Tengah bersama TNI dan Polri menembus hutan dan melewati medan ekstrem. Rombongan ini menyusuri hutan bukan untuk bermain offroad, melainkan menjangkau sasaran vaksinasi di daerah pelosok.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, tim vaksinator menggandeng komunitas offroad untuk bisa sampai di lokasi. Setelah menyiapkan seluruh perlengkapan vaksin, tim vaksinator yang terdiri dari tenaga kesehatan, TNI dan Polri berangkat dari Puskesmas Jatinegara Kabupaten Tegal. Rombongan menuju Dukuh Karangsari Desa Wotgalih yang merupakan salah satu desa paling pelosok di Kecamatan Jatinegara.

Kepala Puskesmas Jatinegara, dr. Ulinuha mengatakan, tim vaksinator sengaja menggandeng komunitas offroad, karena jalan yang akan dilewati bukan hanya tidak beraspal. Namun menembus hutan jati dengan perbukitan yang kondisinya terjal dan berlumpur. Untung saja para offroader cukup handal, sehingga semua medan yang sulit bisa dilalui.

“Setelah menempuh perjalanan selama satu jam, tim baru sampai di lokasi yang dituju. Rasa letih dan tegang selama perjalanan menempuh medan ekstrem, seketika sirna setelah disambut antusias warga yang begitu antusias untuk mengikuti vaksinasi,” katanya, Jumat (19/11/2021).

Dia menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi digelar dengan dipusatkan di gedung SD Negeri 03 Wotgalih. Di lokasi ini, petugas berhasil memvaksin 180 warga untuk dosis pertama. Warga sangat antusias karena desa mereka jauh dari fasilitas kesehatan.

“Kegiatan vaksinasi ini diharapkan akan menciptakan kekebalan komunal, serta membantu percepatan capaian vaksinasi di Kecamatan Jatinegara. Saat ini capaian vaksin di Kecamatan Jatinegara baru 36 persen dari 45 ribu sasaran,” tutupnya. (ardi)

Leave a Reply