Wakwaw, 141.937 Rumah di Brebes Tidak Punya Jamban

Kesehatan
Seorang warga Kelurahan Pasarbatang, Brebes memasuki bilik jamban terbuka untuk buang air.

BREBES, gugah.id – Di Kabupaten Brebes ternyata masih banyak rumah yang sampai saat ini belum memiliki jamban. Jumlahnya mencapai ratusan ribu rumah, atau tepatnya 141.937 rumah yang tidak memiliki jamban. Kondisi ini pun menyebabkan masih banyaknya warga yang buamg air besar di tempat yang tidak semestinya.

Data yang tercatat dalam aplikasi Sanitasi Terpadu Berbasis Masyarakat (STBM) menyatakan, di Kabupaten Brebes ada 141.937 rumah yang tidak memiliki jamban. Mereka terbiasa membuang air di tempat tidak semestinya. Termasuk para warga yang sudah memiliki jamban namun memilih buang air besar di jamban umum.

Di Kelurahan Pasarbatang yang lokasinya tak jauh dari Kantor Pemerintahan Brebes, masih ada bilik jamban terbuka yang pembuangannya melalui saluran air (got). Warga di RT 01 sampai RT 05 Kelurahan Pasarbatang lebih memilih membuang air besar di jamban umum ketimbang di jamban yang ada di rumahnya.

Salah seorang warga Kelurahan Pasarbatang, Anah (45) yang rumahnya tak jauh dari jamban menyebut, dirinya lebih nyaman menggunakan jamaban umum terbuka dari pada jamban di rumahnya. Alasanya, karena sudah terbiasa sejak kecil. Padahal pemerintah juga sudah membuat toilet umum yang sesuai standar.

“Jamban di sini sudah ada sejak saya kecil puluhan tahun yang lalu, jadi warga disini juga sudah terbiasa membuang air besar di luar daripada menggunakan jamban sendiri,” katanya, Kamis (11/11/2021).

Sementara itu, Kepala Bidang Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Dinperwaskim Brebes, Budi Rakhmawan menjelaskan, di Kabupaten Brebes rumah penduduk yang belum memiliki jamban masih banyak. Ada 141.937 rumah di Brebes tidak memiliki jamban. Mereka adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Di Brebes masih ada masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR, yang tempat tinggalnya belum ada jambannya. Dari 141.937 MBR, untuk MBR yang belum memiliki jamban ada 102.799 MBR dan 38.139 MBR lainnya, masih buang air besar sembarangan,” ungkap Budi Rakhmawan.

Dia menuturkan, saat ini Pemkab Brebes masih berupaya membantu masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki jamban. Tahun ini, Dinperwaskim Brebes telah mengalokasikan anggaran sebesar sebesar Rp. 4 miliar untuk 2.055 MBR penerima jamban di Kabupaten Brebes.

“Untuk proses percepatan jambanisasi di kabupaten Brebes, sebenarnya ada juga dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes,” pungkasnya. (mah)

Leave a Reply