Warga Bersihkan Puing, usai Angin Kencang Terjang Puluhan Rumah

Peristiwa
MEMBERSIHKAN – Warga di Desa Tanjungsari membersihkan sisa reruntuhan rumah akibat diterjang angin kencang. (foto: gugah.id)

BREBES, gugah.id – Angin kencang menerjang puluhan rumah warga di Desa Tanjungsari Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, Minggu sore (19/9/2021). Usai diterjang angin kencang, sejumlah warga yang rumahnya rusak kini tengah membersihkan puing reruntuhan, Senin (20/9/2021).

Tercatat ada empat rumah yang rusak parah dari total 22 rumah yang rusak. Bahkan, ada satu rumah dengan kondisi tembok yang ambruk.

Seorang korban yang rumahnya tersapu angin kencang Junaedi (50) mengatakan, saat ini warga yang menjadi korban angin kencang melakukan bergotong-royong membersihkan reruntuhan puing-puing rumah dan genting yang berhamburan akibat tersapu angin.

“Saat kejadian itu saya lagi ada di luar rumah untuk berlindung. Sementara keluarga ada di dalam rumah. Beruntungnya, genting yang berada di tepat di atas mereka tidak tersapu angin, sehingga mereka tetap aman,” kata Junedi di lokasi kejadian.

Korban lain, Masrukhin (49) mengungkapkan, rumah miliknya mengalami kerusakan di bagian teras dan atap rumah. Tembok teras rumahnya sepanjang tujuh meter ambruk diterjang angin kencang.

“Kalau petugas tadi baru mengecek dan melakukan pendataan. Setelah itu mungkin ada bantuan,” ungkapnya.

Kepala Desa Tanjungsari Warasmui mengatakan, setelah dilakukan pendataan kembali sedikitnya ada 22 rumah yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang. Dari total 22 rumah warga yang mengalami kerusakan, empat rumah di antaranya rusak parah, termasuk satu rumah yang temboknya ambruk.

“Termasuk satu rumah yang temboknya ambruk sepanjang tujuh meter akibat diterjang angin kencang,” katanya.

Dia menuturkan, saat ini pihaknya tengah melaporkan jumlah kerusakan rumah kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes. Sementara petugas yang sudah mendatangi lokasi bencana adalah pihak Koramil dan Polsek setempat. Pihaknya masih menunggu petugas BPBD untuk mengecek ke lokasi.

“Saat ini baru ada petugas dari Kormail dan Polsek yang meninjau lokasi kejadian. Rencananya, instansi terkait mau meninjau,” ujarnya. (dn)

VIDEO:

KONDISI TERKINI | USAI DITERJANG ANGIN KENCANG WARGA TANJUNGSARI BREBES BERSIHKAN RERUNTUHAN

Leave a Reply