Warga Brebes Selatan Dikagetkan Guncangan Gempa Bumi

Warga Brebes Selatan Dikagetkan Guncangan Gempa Bumi

Pariwisata Regional
Warga Brebes Selatan Dikagetkan Guncangan Gempa Bumi

Gugah.id – Warga Brebes Selatan Dikagetkan Guncangan Gempa Bumi. Guncangan dirasakan cukup kuat di sekitar wilayah tersebut. Dari tiga wilayah tersebut diantaranya Bantarkawung, Salem dan Banjarharjo.

Guncangan gempa dirasakan warga pada Jumat (11/12), sekitar pukul 05.51 WIB. Menurut dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di Laut dengan jarak 28 KM barat daya Brebes dengan kedalaman 5 Kilometer berkekuatan 4,2 magnitudo.

Gempa Bumi diakibatkan karena jalur Sesar Brebes strukturnya memanjang sekitar 22 kilometer berarah barat-timur, memiliki magnitudo tertarget 6,5. Ini merupakan bagian dari Baribis-Kendeng Fold Thrust Zone.

Menurut salah seorang warga, Diki mengatakan, guncangan dirasakan cukup kuat dan sangat singkat. Saat kejadian dirinya langsung keluar rumah. Dirinya menjelaskan sedang duduk didalam rumah dan minum kopi.

“Kejadian cukup cepat, melihat sangkar burung bergoyang, saya langsung keluar, ” Ujarnya.

Lanjut Diki, dalam kejadian ini dirinya tidak mengalami kerugian apapun, hanya saja rasa kaget tiba-tiba terjadi goncangan.

“Alhamdulillah, untuk rumah tidak ada yang rusak, hanya kaget, tiba-tiba ada goncangan,”ungkapnya.

Namun menurut imam subkhan, warga bangsri mengatakan, dirinya tidak merasakan kalau ada gempa. Bahkan tidak mengetahui kalau di Brebes telah terjadi gempa. Dia baru tahu ada gempa pada saat membuka medsos (facebook) ada postingan kalau di Brebes selatan telah terjadi gempa.

“Ya, saya tidak tahu ada gempa. Saya tahu ajah dari facebook, dan sepertinya masyarakat di Brebes utara juga tidak merasakan adanya lindu (gempa),”katanya.

Sementara Kasi Logistik BPBD Brebes, Farid mengatakan, pusat gempa terjadi di barat daya Kota Brebes. Dari tiga wilayah yang terdampak guncangan gempa, belum ada laporan soal kerusakan akibat gempa tersebut.

Waspada Masyarakat

“Masyarakat di wilayah salem diminta agar lebih berhati-hati dan waspada karena tekstur tanah di perbukitan yang labil dapat menyebabkan longsor bisa terjadi sewaktu-waktu” Katanya.

Sampai saat ini hasil pengamatan stasiun geofisika Banjarnegara, hingga pukul 07.30 WIB tidak terpantau adanya gempa bumi susulan (aftershock). Warga diminta tetap waspada dan tidak terpengaruh informasi yang belum jelas.

Leave a Reply